Beranda > Berita > Seminar Nasional dengan Tema “Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa”

Seminar Nasional dengan Tema “Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa”

 Seminar Nasional dengan Tema “Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa” Carut-marutnya kehidupan bangsa Indonesia tidak terlepas dari hilangnya karakter dan jati diri bangsa. Berbagai permasalahan timbul mulai dari skala kecil yang melibatkan pelajar hingga elit politik menunjukkan bahwa semakin lama bangsa ini terjerembab kedalam keterpurukan. Bangsa ini dihadapkan pada krisis kepemimpinan, dan krisis jati diri. Keadaan bangsa yang demikian tentunya sangat berpengaruh bagi kehidupan bangsa di masa mendatang. Persoalan yang muncul di masyarakat seperti korupsi, kekerasan, kejahatan seksual, perusakan, perkelahian massa, meningkatnya perilaku merusak diri, kaburnya pedoman moral baik dan buruk, menurunnya rasa hormat pada orang tua dan guru, membudayanya perilaku ketidak jujuran, rasa saling curiga dan ketidak percayaan terhadap pimpinan, kehidupan ekonomi yang konsumtif, kehidupn politik yang tidak produktif, dan sebagainya.

 Seminar Nasional dengan Tema “Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa” Berkaitan dengan hal tersebut, Pendidikan akhlak mulia dan karakter bangsa kembali mendapat perhatian Kemendiknas karena kedua hal itu saat ini berada pada posisi yang memprihatinkan. Banyak kita temukan pelajar melakukan perkelaian masal, membentuk kelompok yang meresahkan masyarakat ( geng motor, geng nero ) bahkan tak malu-malu lagi berpakaian tak senonoh, bergaya hidup bebas, dan melakukan aksi-aksi yang tak sesuai dengan akhlak mulia dan karakter bangsa.

Dalam kehidupan bermasyarakat, terdapat sejumlah indikator yang menunjukkan terjadinya dekadensi moral, tidak saja di kalangan remaja dan anak-anak, orang-orang dewasapun mengalami hal ini. Dalam situasi formal, tata krama  masih melekat dalam berbagai kegiatan dan perilaku,  namun pada situasi tertentu, kondisi yang tadinya tenang dan damai, tiba-tiba berubah menjadi brutal.

Didasari keprihatinan tersebut, SLBN Sragen mengadakan Seminar Karakter Bangsa dengan tema “Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa” yang diselenggarakan pada Sabtu, 21 Mei 2011. Kegiatan seminar yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional dijadikan momentum untuk membuat Indonesia kembali merenungi dan mengembalikan jati diri sebagai bangsa.  Seminar Nasional dengan Tema “Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa” Dengan nara sumber Drs. Mudjiyono Pengawas PLB Prop Jateng dan Dirjen PLK Kemendiknas, seminar yang dihadiri 200an peserta dari SLB se Kab. Sragen, Kepala SD dan Gugus TK se Kec. Karangmalang merupakan seminara karakter bangsa yang pertama kali diadakan di Kab. Sragen pasca dicanangkannya Nasional  pendidikan karakter melalui kurikulum di pendidikan usia dini sampai dengan perguruan tinggi pada tahun ajaran baru 2011/2012 oleh Menteri Pendidikan.

Melalui seminar ini, para peserta yang notabene merupakan tenaga pendidik dan yang berhubungan dengan dunia pendidikan diharapkan dapat merubah paradigm dalam metode pembelajaran, dengan kata lain pembelajaran yang selama ini menjadi metode di seklah formal dapat dimasukkan pendidikan karakter sebagai langkah preventif guna memberikan hal yang positif bagi anak dikemudian hari.

 

Foto yang lain dapat dilihat di sini

Related posts:

  1. Rencana Workshop Karakter Building
  2. Keunikan di SLB Negeri Sragen
  3. Pelatihan Komputer Dasar
Kategori:Berita Tag

Turn on pictures to see the captcha *